Jumat, 06 Mei 2011

Pengenalan Microsoft word 2007

Oke sebelum kita menpelajari lebih jauh tentang Microsoft Word 2007, perkenankan Admin Tutorial Office menjelaskan kepada Anda bagian-bagian Microsoft word 2007. Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar di bawah ini:
 
Dari tampilan area kerja program Microsoft Word 2007 diatas Anda akan menemukan bagian-bagian Microsoft Word 2007 sePerti Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, View Toolbar, Vertikal Scroll bar, dan Text Boundaris.
  • TITLE BAR : berisi nama file yang sedang Aktif (dikerjakan), serta tombol menampilkan (Maximize), atau menyembunyikan jendela program (Minimize), dan menutup program (Close).
  • OFFICE BOTTON : berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan pembuatan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.
  • QUICK ACCESS TOOLBAR : berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari  Office Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button>Save.
  • MENU BAR : berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.
  • RIBBON : berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar yang terdiri dari icon-icon perintah editing, formating dan lain-lain.
  • RULER : merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman. 
  • VERTIKAL SCROLL BAR : berfungsi untuk menggulung lembar kerja, bila Anda mengerjakan dokumen lebih dari 1 halaman, vertikal scroll bar ini sangat membantu untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain.
  • TEXT BOUNDARIS: adalah garis pembantu sebagai tanda batas pengetikan kiri kanan dan atas, atau sering disebut margin (garis tepi).  
  • STATUS BAR : baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, Baik informasi halaman (page), Jumlah halaman, kata, huruf, (word)




Tidak ada komentar: